Beasiswa Generasi Cerdas Berakhlak Posted December 8, 2015 by lk-admin

0

beasiswa pendidikan

Semenjak berdiri tahun 2005 Lembaga Kemanusiaan ESQ sudah menetapkan fokus untuk membantu masyarakat tak mampu dalam bidang pendidikan. LK ESQ membuka kesempatan bagi siapa saja untuk turun tangan membantu menyelenggarakan pendidikan. Setiap donasi yang diberikan menjadi beasiswa bagi siswa yang tidak mampu.

Program unggulan di bidang pendidikan itu bernama Beasiswa Generasi Cerdas Berakhlak atau yang disingkat menjadi Beasiswa GCB.

“Program beasiswa ini, sesuai dengan namanya memiliki tujuan agar anak penerima beasiswa GCB bukan hanya cerdas (cerdas intelektual, cerdas emosional, dan cerdas spiritual) namun juga memiliki akhlak yang baik dan mulia,” kata Eky Muryadi, Manajer Program LK ESQ.

“Sasaran dari program ini adalah anak-anak yang berprestasi dan memiliki keterbatasan,” lanjutnya. (Baca : Febri Sang Juara dari Temanggung)

LK ESQ menuangkan konsep Tujuh Karakter Anak Asuh LK ESQ yang menjadi output dari Program Beasiswa GCB. Tujuh Karakter tersebut, antara lain: Mental yang tangguh Cerdas Emosional dan Spiritual, Aktif dan Berani Berpendapat, Hasil Akademik Memuaskan, Berjiwa Mandiri, Memiliki leadership yang Kuat, dan terakhir Mengharumkan Nama LK ESQ.

Bagi siswa penerima Beasiswa GCB, mereka bukan hanya memperoleh biaya SPP namun LK ESQ juga memberikan Program Pembinaan.

“Untuk mencapai Konsep 7 Karakter Anak Asuh LK ESQ itu maka penerima beasiswa harus mengikuti Program Pembinaan yang memiliki 5 Nilai Muatan yang harus diterapkan di setiap penyelenggaraan program pembinaan, yaitu: Emosional, Spiritual, Intelektual, Motivasi dan Life Skill,” jelas Eky.

Beasiswa GCB ini menggunakan sistem yang berbasis sekolah. Caranya, LK ESQ berkoordinasi langsung dengan pihak sekolah untuk administrasi SPP, sehingga dana diserahkan langsung kepada pihak sekolah. Sistem ini dirancang untuk menghindari penyalahgunaan dana oleh siswa atau orang tua siswa.

materi pembinaan

Tidak semua siswa bisa mendapat beasiswa. Untuk bisa menjadi penerima Beasiswa GCB ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Tahap Pertama, Screening dalam bentuk seleksi administratif, survei ke rumah dan interview anak.

Tahap Kedua, Analisis Kebutuhan Siswa dengan tujuan untuk peminatan dan penyesuaian program pembinaan. Tahap Ketiga, General Class dengan mengumpulkan semua anak yang sudah lulus semua tahapan untuk fiksasi dan training motivasi.

Saat ini kurang lebih 1000 anak penerima beasiswa GCB tersebar di 4 wilayah yang dikelola di LK ESQ Pusat dan Cabang, yaitu: Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Palembang. Masih banyak pula anak-anak yang masuk “daftar tunggu” karena belum memiliki orang tua asuh.

LK ESQ dengan tangan terbuka menyambut baik siapapun yang ingin berkontribusi baik secara perorangan, kolektif maupun corporate. Semoga perubahan Indonesia menjadi lebih baik segera terwujud dengan generasi yang cerdas dan berakhlak. EM/LJ

Artikel ini disadur dari majalah Total Action Edisi 4

Leave a Comment