LK ESQ Pertajam Program Bina Lingkungan Posted November 6, 2015 by lk-admin

0

Biofloc-165

Lembaga Kemanusiaan (LK) ESQ terus mencari inovasi, menggali ilmu serta mempertajam pengetahuan terkait program bina lingkungan. Diharapkan akan lahir sebuah ide atau gagasan yang bisa berguna bagi masyarakat terkait permasalahan lingkungan.

Rabu, 4 November 2015, pimpinan serta pengurus LK ESQ bersama-sama mengunjungi lokasi budidaya ikan air tawar di Jl. Raya Keadilan (Rawa Denok), Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas Kota Depok, yaitu Biofloc 165.

Pendiri Biofloc 165, Legisan Samtafsir mengatakan usaha perikanan budidaya tidak sekedar memelihara dan menghasilkan ikan, tetapi juga membangun misi, visi dan nilai-nilai spiritual dalam pelaksanaannya.

Pria asal Sumatera Utara itu pun menjelaskan proses budidaya air tawar (lele, patin, gurame) dari hulu hingga hilir. Pimpinan serta pengurus LK ESQ pun mendapat kesempatan merasakan nikmatnya olahan ikan yang dibuat jadi berbagai makanan. Semisal sate ikan, ikan crispy, katsu ikan dan masih banyak lagi.

Usai merasakan nikmatnya penganan dari daging putih, kunjungan dilanjutkan ke Bos Letong System yang berada di bilangan Jl. Angsana 1, Pamulang Timur, Tangerang Selatan. Di tempat ini, kami mendapat pengetahuan mengenai metode akuaponik dari pengelola sekaligus pemilik, Fathulloh.

Bos Letong

Akuaponik atau aquaponik adalah kombinasi antara akuakultur dengan hidroponik yang menghasilkan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Akuakultur merupakan budidaya ikan, sedangkan hidroponik adalah budidaya tanaman tanpa tanah yang berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.

Pengurus LK ESQ, Lina Liputri diberi kesempatan untuk memanen kangkung dari hasil metode akuaponik. Lalu kangkung tersebut diolah menjadi juice. Tak disangka, tenyata juice kangkung rasanya sangat nikmat. Rasa segar juice kangkung yang dicampur mangga menjadi penawar lelah dan penghilang panas pada siang itu. Ini juga bisa menjadi solusi bagi para orangtua yang anaknya tidak suka sayuran.

lina liputri

Biofloc Legisan

Leave a Comment