LK ESQ Kurban Berkah di Desa Posted September 13, 2016 by lk-admin

0

*doc. LK ESQ - Peternak Lokal

*doc. LK ESQ – Peternak Lokal

Ada yang berbeda dari kurban yang dilakukan Lembaga Kemanusiaan ESQ (LK ESQ) kali ini. Sebelumnya LK ESQ melakukan kurban berkah dengan cara dikornetkan. Kali ini, kurban berkah langsung disalurkan dan disembelih di desa-desa yang tergolong miskin dan terpencil, program ini diberi nama Kurban Berkah di Desa. Program Kurban Berkah di desa ini juga membantu penduduk desa yang beternak hewan kurban, untuk meraih keberkahan dan kebahagiaan. Program Kurban Berkah di Desa sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat desa dimana hewan kurban yang disembelih merupakan hewan yang dipelihara oleh penduduk sekitar dan daging kurbannya dibagikan kepada penduduk desa tersebut. Dengan demikian roda perekonomian desa berputar dan masyarakat desa pun langsung menerima mafaatnya.

Desa yang menjadi sasaran LK ESQ kali ini adalah desa-desa termisikin di Jawa Tengah, yaitu berada di kabupaten Wonosobo. Diantaranya Desa Kalidadap Kecamatan Wadas Lintang, Desa Gumelar Dusun Kagungan, Desa Wonoroto Kecamatan Kaliwiro, dan Desa Gawis Kecamatan Sapuran. Hewan kurban yang disalurkan dalam Program Kurban Berkah di Desa berjumlah 17 ekor kambing dan 1 ekor sapi. Hewan kurban berasal dari para Donatur LK ESQ dan Alumni ESQ.

Pelaksanaan kurban dimulai pukul 08.00 WIB tepat pada tanggal 12 September 2016 (10 Dzulhijjah 1437 H). Tim kurban LK ESQ terdiri dari Pak Salimun dan Pak Basyith, memantau pelaksanaan kurban. Pemotongan hewan kurban sesi pertama dilakukan di Desa Wonoroto Kecamatan Kaliwiro. Di desa tersebut dilakukan pemotongan sebanyak 5 ekor kambing dan 1 ekor sapi untuk dibagikan kepada 150 Kepala Keluarga (KK). Kemudian tim bergerak ke Desa Kalidadap Kecamatan Wadas Lintang untuk menyaksikan penyembelihan 5 ekor kambing berikutnya yang akan dibagikan kepada 100 Kepala Keluarga (KK). Setelah dari Desa Kalidadap tim LK ESQ melanjutkan perjalanan ke Desa Gumelar Dusun Kagungan Kecamatan Kaliwiro. Disana disembelih 7 ekor kambing untuk 150 Kepala Keluarga (KK) termasuk untuk Desa Gawis Kecamatan Sapuran. Pelaksaan pemotongan hewan kurban berkah di desa selesai Pukul 15.00 WIB berjalan dengan baik dan lancar.

*doc. LK ESQ

*doc. LK ESQ

Menurut salah satu tokoh masyarakat di Desa Kalidadap bahwa Program Kurban Berkah di Desa sangat bermafaat sekali, khususnya untuk desa-desa terpencil. “Desa Kalidadap setiap tahunnya belum pernah melaksanakan kurban sebanyak ini (5 ekor kambing), biasaya hanya 1 ekor kambing untuk se-desa dan itupun dari hasil patungan selama setahun, bahkan beberapa tahun terakhir tidak melaksanakan kurban sama sekali” ujar Bapak Supono.
Dengan adanya Program Kurban Berkah di Desa yang dilakukan oleh LK ESQ, masyarakat merasa bersyukur dan sangat berterima kasih sekali, mereka sangat bahagia saat menerima sebungkus daging kurban. Dari hasil pantauan tim LK ESQ, masyarakat desa terlihat sangat antusias, tertib dan saling bekerja sama bahu membahu yang mungkin jarang kita temukan suasana tersebut di daerah perkotaan. (AB)

Leave a Comment