LKESQ.or.id, DEPOK – Lembaga Kemanusiaan ESQ Bersama PT. Pegadaian menggelar Panen Raya Program Pesantren Berdaya di Panti Asuhan Wisma Karya Bhakti, Curug, Depok. (8/11/2019

Program Pesantren Berdaya merupakan program pendampingan kepada Pondok Pesantren atau Panti Asuhan untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumsi dengan pendekatan metode Aquaponik. Aquaponik merupakan penggabungan menanam sayuran dan beternak ikan. Program pendampingan ini dilakukan selama 1 tahun.

Kegiatan panen raya ini dihadiri oleh perwakilan Divisi CSR Pegadaian ibu Sri Murtiastuti, Senior Manager Bina Lingkungan. Beliau dalam sambutannya menyampaikan harapannya semoga program Pesantren Berdaya ini bisa memberikan manfaat dan keberkahan untuk panti. Selain itu beliau juga menuturkan bahwa Divisi CSR Pegadaian siap untuk terus mendampingi Panti Asuhan WKB dengan program-program yang sesuai dengan kebutuhan panti.

Perwakilan Panti Asuhan Wisma Karya Bhakti Ust. Baharudin menyampaikan terima kasih kepada LK ESQ dan Pegadaian yang telah membantu panti sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumsi melalui program berbasis aquaponik ini. Anak-anak bisa memanfaaatkan media aquaponik sebagai sarana belajar berwirausaha. Hal ini sejalan dengan visi Panti WKB yang saat ini sedang mengembangkan konsep Hafizh Entrepreneur.

Panen raya dilakukan bersama dengan anak-anak panti. Ibu Sri murtiastuti secara simbolis memanen sayuran kangkung, menangkap ikan lele dan menebar benih ikan di kolam aquaponik. Sebagian besar hasil panen sudah diolah oleh panti untuk makan siang. Selepas panen, kegiatan dijeda dengan sholat Jum’at berjama’ah.

Setelah sholat jum’at acara dilanjutkan dengan makan Bersama. Anak-anak menggelar daun pisang untuk alas makan bersama dengan lauk lele goreng dan tumis kangkung yang disajikan dalam kondisi hangat. Semuanya merasa bahagia dapat merasakan hasil panen hari itu.

Rencananya bulan desember LK ESQ akan melanjutkan Program Pesantren Berdaya dengan memberikan pelatihan makanan olahan hasil panen dengan melibatkan pelaku usaha kuliner olahan ikan.