Senyum Bahagia Anak-anak Jambi Posted December 4, 2015 by lk-admin

0

Trauma Healing

Alhamdulillah… itulah sedikit ungkapan penuh syukur yang diucapkan Relawan Lembaga Kemanusiaan (LK) ESQ usai menyelesaikan tugas mulia, yakni mengadakan kegiatan pelayanan pengobatan serta penanganan trauma pasca bencana (trauma healing) di beberapa titik di Jambi.

“Kegiatan trauma healing ini kami lakukan di empat TK dan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) di Jambi, mulai hari Senin hingga Kamis,” ucap Tama kepada Total Action pada Jumat 4 Desember 2015.

Road show bakti sosial yang mendapat dukungan dari CIMB Niaga Syariah ini terbilang sukses, pasalnya anak-anak yang mengikuti kegiatan #Asma (Aksi Solidaritas Melawan Asap) ini mulai meninggalkan kenangan buruk mengenai bencana asap beberapa waktu lalu.

“Trauma healing yang kita lakukan, start jam 8 dengan aktivitas dongeng kerja sama dengan Kampung Dongeng Seloko Jambi. Ketika dongeng berlangsung, kita ada aktivitas tanya jawab dan pemberian hadiah. Tujuannya agar anak-anak tidak bosan,” kata Tama. (Baca : Trauma healing bagi anak korban bencana asap)

Setelah mendongeng, lanjutnya, ada aktivitas menanam bunga. Anak-anak turun langsung untuk menanam bunga, menyiram, dan memberikan label dibunga dengan nama mereka masing-masing. Ini dimaksudkan agar mereka merasa memiliki bunga, mau menjaga dan memelihara bunga sendiri.

Selesai menanam, anak-anak diperkenalkan mencuci tangan dengan sabun secara benar. Lalu anak-anak diajak masuk ke dalam ruangan kembali untuk berdoa bersama. Tama mengungkapkan bahwa ia bersama rekan merasa senang melihat generasi bangsa dapat tersenyum lepas dan terpancar kebahagiaan.

“Sebelum pulang, kami bagikan snack dan bingkisan kreatif berupa buka gambar dan krayon. Semoga kenangan pahit itu tidak terulang kembali,” tuturnya.

Program tanggap bencana ini tidak hanya dilaksanakan di Jambi, tetapi juga di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Ada pun pemilahan lokasi dititik beratkan pada wilayah yang terbilang cukup parah terpapar asap dan sulit mendapatkan fasilitas kesehatan.

Leave a Comment