Trauma Healing Bagi Anak Korban Bencana Asap Posted December 1, 2015 by lk-admin

0

Trauma Healing ESQ (8)

Masih kental diingatan kita mengenai bencana asap yang menyelimuti wilayah Sumatera, Kalimantan, termasuk beberapa negara tetangga semisal Singapura dan Malaysia. Banyak pihak menyebutkan bahwa bencana asap tahun ini lebih hebat dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Akibat gencarnya pemberintaan di media massa mengenai bencana asap, mendorong sejumlah masyarakat untuk bergerak mengumpulkan serta menyalurkan bantuan bagi saudara-saudara kita yang terkena musibah tahunan tersebut.

Bantuan yang diterima masyarakat mayoritas bersifat fisik, semisal masker dan makanan bergizi. Selain itu, para korban juga membutuhkan bantuan kesehatan mental karena trauma yang timbul dari bencana asap berskala besar dan dengan rentan waktu yang terbilang lama.

Lembaga Kemanusiaan ESQ bekerja sama dengan CIMB Niaga Syariah, dibantu Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ mengadakan pelayanan pengobatan serta penanganan trauma pasca bencana (trauma healing) untuk anak-anak di Bunga Raya, Murni, Jambi.

Ada pun kegiatan yang dilakukan berupa anak-anak bermain bersama, menanam pohon, serta mendengar dongeng dari kakak-kakak Relawan. Ini sebagai upaya upaya mendamaikan, membangun percaya diri, mengurangi perasaan takut, serta memperbaiki emosional mereka. Dengan begitu diharapkan anak-anak bisa melupakan bencana tersebut.

Penanganan trauma pasca bencana tidak cukup dilakukan sekali, tapi harus dilakukan secara teratur agar dapat membangun kembali mental para korban, khususnya anak-anak. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini kita bisa memberikan pemahaman mengenai tanggap bencana, sehingga membuat mereka lebih siap apabila bencana datang kembali.

Semoga bencana asap tidak terulang kembali. Amin…

Leave a Comment